Wednesday, September 18, 2013

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI





INFORMASI MATAKULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

                                              Rencana Program Semester 2017

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen

RENCANA PROGRAM SEMESTER

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Semester            : I
Status                   : 
Sks/Jam               : 3/3
Prasyarat             :  -
Dosen                   : M. Nurruddin Zanky
Email                     : zanky.fe@um.ac.id
Offering               :
Jadwal                  :
Ruang                   : D3.302 







DESKRIPSI MATAKULIAH

Memahami, menguasai, dan terampil mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK, atau ICT – Information and Communication Technology) dari segi perangkat keras maupun lunak, untuk berbagai keperluan akses, pengolahan, analisis, dan pelaporan informasi dalam berbagai konteks bidang studi dan pembelajaran bidang studi di sekolah.
PROGRAM CAPAIAN PEMBELAJARAN (PCP)

Setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini, mahsiswa diharapkan mampu memiliki kompetensi sebagai berikut:

1.      Pengetahuan dan keterampilan dasar
a.       Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
c.       Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
d.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
2.      Pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang akademik dan profesional
a.       Menguasai  konsep teoritis dan aplikasi ilmu administrasi/manajemen perkantoran
b.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  dalam melaksanakan administrasi/manajemen perkantoran.
c.       Mampu melaksanakan layanan administrasi/manajemen perkantoran yang berkualitas.
d.      Menguasai  konsep teoritis dan aplikasi ilmu administrasi/manajemen perkantoran
3.      Pengetahuan dan keterampilan dalam hubungan Intrapersonal dan Interpersonal
a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
e.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
f.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
g.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
h.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH (CPMK)

Dengan mengambil Matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:

CPMK
PCP

1)      Mahasiswa dapat menerapkan Aplikasi Ms Office 2013 sesuai dengan kebutuhan.
1a, 2a, 2b, 2c, 2d, 3a, 3b
2)      Mahasiswa dapat menerapkan cara cepat dalam menggunakan program Ms Word untuk memenuhi kebutuhan khusnya dalam pembuatan laporan.
1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, 3c, 3d
3)      Mahasiswa mampu melakukan pengolahan data base dengan Ms. Exel
1a, 1b,2a, 2b, 2c, 2d, 3e, 3d
4)      Mahasiswa mampu menyelesaikan studi kasus untuk permasalahan sehari-hari dengan Ms. Exel
1a, 1b, 1c, 1d, 2b, 2c, 2d, 3e, 3g
5)      Mahasiswa mampu membuat draf program sederhana yang dilakukan dengan Ms. Exel
1a, 1b, 1c, 1d, 2b, 2c, 2d, 3g, 3h



SUMBER PEMBELAJARAN

Daftar Bacaan
A.    Buku

--.2013. Ms.office 2013. Semarang: wahana komputer
--.2013.Ms word 2013 utk perkantoran modern. Semarang: wahana computer
Alfaruqi. 2012. Belajar Mudah MS. Word 2010. Jakarta: Islandscript.
G.Retna. 2010. Belajar cepat ms exel 2010. Yogyakarta: andi
Hariadi, Eko. 2014. Cara mudah kuasai Ms. Exel 2013.
Hidayat, Taufik. 2013. Membuat aplikasi ms exel utk UMKM. Jakarta: media kita.
Madcoms. 2010.menghubungkan data antar program ms office 2010. Madiun. Andi.
Madcoms. 2011. Mengoptimalkan ms exel 2010. Madiun: Andi.

B.     Website



AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR

Perkuliahan dilaksanakan selama 16 kali pertemuan termasuk Ujian Akhir Semester. Untuk mencapai tujuan pemebelajaran berikut jadwal pertemuan dan aktivitas pembelajaran yang digunakan sebagai panduan:

Pertemuan
Topik dan Aktivitas
Sumber
PCP
1
1.       Orientasi perkuliahan
2.       Pre Test Program Ms Word dan Ms Exel
RSP


2
Dasar komputer:
1)      Partisi file
2)      Penyimpanan file
3)      Keamanan file
Dasar Ms Word I
1)      Pengenalan Menu dalam Ms Word
2)      Pengetikan dengan memanfaatkan menu dalam Ms Word
Latihan pengetikan I
--.2013. Ms.office 2013
Alfaruqi. 2012

1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, ,3a, 3b 3c, 3d,

3
Dasar Ms Word II
1)      Pembuatan Tabel
2)      Pembuatan Rumus
Latihan pembuatan tabel dan rumus
--.2013. Ms.office 2013
Alfaruqi. 2012
1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, 3g, 3h

4
Dasar Ms Word III
1)      Pemanfaatan Mailings
2)      Drawing
Latihan pemanfaatan Malings dan Drawing
--.2013. Ms.office 2013
Alfaruqi. 2012
1a, 1b, 2c, 2d,3a, 3b
5
Dasar Exel I
1)      Pengenalan menu exel
2)      Rumas matematika sederhana
Latihan penyelesaian Soal matematika sederhana
G.Retna. 2010
Hariadi, Eko. 2014
1a, 1b, 2c, 2d 3a, 3b
6
Dasar Exel II
1)      Pengolahan data base I
Latihan pengolahan data base I
G.Retna. 2010
Hariadi, Eko. 2014
1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, 3e, 3g
7
UTS


8
Dasar Exel II
1)      Pengolahan data base II
Latihan pengolahan data base II
G.Retna. 2010
Hariadi, Eko. 2014
1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, 3g, 3h

9
Dasar Exel III
1)      Pembuatan grafik
Latihan pembuatan grafik
Hariadi, Eko. 2014
Madcoms. 2011

1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, ,3a, 3b 3c, 3d, 3e, 3g
10
Dasar Exel IV
1)      Pemanfaatan pivot tabel
2)      Pemanfaatan pivot chart
Latihan Pemanfaatan Pivot
Hariadi, Eko. 2014
Madcoms. 2011

1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, ,3a, 3b
11
Dasar Exel IV
1)      Pemanfaatan fungsi logika
Latihan fungsi logika
Madcoms. 2010
Madcoms. 2011

1a, 1b, 2a, 2b, ,3a, 3b, 3e, 3g
12
Dasar Exel IV
1)      Pemanfaatan fungsi logika
2)      Latihan fungsi logika

1a, 1b, 2a, 2b, 2c, 2d, ,3a, 3b
3g, 3h

13
Dasar Exel V
1)      Fungsi tabel
2)      Fungsi teks
Latihan fungsi tabel
Madcoms. 2010
Madcoms. 2011

1a, 1b, 2c, 2d, ,3a, 3b 3c, 3d,
14
Pembuatan Draf Aplikasi Sederhana
Hidayat, Taufik. 2013
Madcoms. 2010

1a, 1b, 2a, 2b, ,3a, 3b,
15
Pembuatan Draf Aplikasi Sederhana
Hidayat, Taufik. 2013
Madcoms. 2010

1a, 1b, 2c, 2d, 3e, 3g
16
UAS






Persyaratan Tambahan
Untuk meningkatkan keaktifan dan kesuksesan partisipasi dalam pembelajaran, maka mahasiwa diharapkan untuk dapat selalu menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet. Selain itu mahasiswa diminta untuk menginstal aplikasi tertentu melalui android.

EVALUASI DAN PEROLEHAN NILAI

Bagian ini menjelaskan bagaimana mahasiswa memperoleh nilai dalam pembelajaran. Terdapat 4 aspek penilain untuk penilaian akhir: Ujian Akhir Semester (40%), Ujian Tengah Semester (25%), Portofolio harian (25%), dan hasil draf program (10%). Untuk mengikuti Ujian Akhir Semester mahasiswa diwajibkan hadir dalam perkuliahan di kelas minimal 80%. Jika dikonfersi dalam pertemuan maka mahasiswa harus hadir minimal 12 kali pertemuan.

Ringkasan Penilaian (100%)
Komponen
Tanggal Pelaksanaan
Bobot
PCP
1.      Penialain Teman Sebaya
Minggu ke 15
10%

2.      Portofolio Harian
Minggu ke 2,3,4,5,6,8,9, 10,11,12,13
25%

3.      Ujian Tengah Semester
Minggu ke 7
25%

4.      Ujian Akhir Semester
Minggu ke16
40%


Detail Penilaian
Untuk menghasilkan hasil evaluasi yang baik, maka dosen dan mahasiswa dilibatkan dalam proses penilaian. Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk menilai teman mereka dalam proses pembelajaran dikelas.

1.      Penilaian Dosen (70%)
Terdapat tiga element yang digunakan guru dalam proses penilaian.
a.    Penilaian  1           : Portofolio harian
Jenis                       : Kerja Individu
Fisik Penilaian       : Kumpulan tugas harian
Due Date               : NA
Bobot                     : 25%
Deskripsi tugas      : Portofolio harian dikumpulkan berdasarkan tugas harian yang harus dikerjakan mahasiswa selama proses perkuliahan. Kesesuaian tugas dan ketepatan dalam pengumpulan tugas menjadi kriteria dalam memberikan penelaian.
Metode Pengumpulan: NA
Rubrik Penilaian    : Tugas mahasiswa akan di evaluasi menggunakan rubrik di bawah ini. Sebelum tugas dikumpulkan mahasiswa selalu diingatkan untuk memenuhi kriteria sebagaimana rubrik yang telah disediakan.

Rubrik Penilaian Tugas Harian
Kriteria
Deskripsi
Poin
Catatan
Kesesuaian Tugas dengan perintah
Mahasiswa mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan pada lembar praktikum harian
50

Kerapian pengerjaan
Mahasiswa memperhatikan kerapian dan keindahan dalam mengerjakan tugas
25

Ketepatan waktu pengumpulan
Mahasiswa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu dan media yang telah ditetapkan oleh dosen
25


Total Points
100


b.   Penilaian 2            : Ujian Tengah Semester
Jenis                       : Kerja Individu
Fisik penilaian        : File hasil kerja Ujian Tengah Semester
Pelaksanaan           : NA
Bobot                     : 25%
Task Description    : Ujian individu yang dilakukan secara praktek langsung dengan menggunakan komputer. Mahasiswa akan diberikan lembar kerja yang harus dikerjakan sesuai dengan batas waktu tertentu. Materi yang menjadi bahan ujian adalah keseluruhan materi Ms. Word. Mahasiswa diperbolehkan brosing (online) untuk mengerjakan ujian ini.
Metode Pengumpulan: Pengumpulan elektronik melalui Edmodo
Rubrik Penilaian    : Mahasiswa akan dievaluasi dengan menggunakan rubrik di bawah ini. Sebelum tugas dikumpulkan mahasiswa selalu diingatkan untuk memenuhi kriteria sebagaimana rubrik yang telah disediakan.


Rubrik Penilaian Ujian Tengah Semester
Kriteria
Deskripsi
Poin
Catatan
Kesesuaian Tugas dengan perintah
Mahasiswa mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan pada lembar praktikum harian
60

Kerapian pengerjaan
Mahasiswa memperhatikan kerapian dalam mengerjakan tugas
20

Kreativitas mengerjakan
Kemampuan mahasiswa dalam menambahkan atribut yang dibutuhkan sehingga tampilan tugas menjadi lebih menarik
20


Total Points
100


2.      Penilaian Teman Sebaya (20%)
Penilaian teman sebaya ini memiliki bobot 20% dari total nilai akhir. Teman sebaya akan diminta untuk mengisi rubrik yang telah disediakan oleh dosen. Cara penilaian teman sebaya adalah dengan menggunakan metode Sosiometri. Adapun rubrik untuk penilaian teman sabaya adalah sebagai berikut:
Kriteria
Deskripsi
Jawaban
Catatan
Kerjasama
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling mudah diajak kerjasama


Kedisiplinan
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling disiplin


Kepedulian
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling peduli terhadap dirinya untuk menguasai materi TIK


Kesopanan
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling sopan dalam mengikuti pembelajaran di kelas


Kreativitas
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling kreatif untuk memahami materi TIK




3.      Penilaian Diri Sendiri (10%)
Setiap mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk menilai dirinya sendiri selama proses perkuliahan. Penilaian diri ini akan berkontribusi sebesar 10% terhadap nilai total akhir. Adapun rubrik yang digunakan untuk menilai diri sendiri sebagaimana rubrik penilain teman sabaya namun dalam bentuk skor.
Kriteria
Deskripsi
Maksimal Skor
Catatan
Kerjasama
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling mudah diajak kerjasama
20

Kedisiplinan
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling disiplin
20

Kepedulian
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling peduli terhadap dirinya untuk menguasai materi TIK
20

Kesopanan
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling sopan dalam mengikuti pembelajaran di kelas
20

Kreativitas
Mahasiswa diminta menyebutkan 3 nama temanmnya yang paling kreatif untuk memahami materi TIK
20


Total Points
100



Transformasi Skor dalam Nilai

Skor total selanjutnya dikonversi menjadi nilai huruf berdasarkan buku panduan UM. Panduan konversi skor adalah sebagai berikut:

Nilai Huruf
Rentangan Skor
Nilai Angka
A
85 – 100
4.0
A-
80 – 84
3.7
B+
75 – 79
3.3
B
70 – 74
3.0
B-
65 – 69
2.7
C+
60 – 64
2.3
C
55 – 59 
2.0
D
40 – 45
1.0
E
< 40
0

Nilai perkuliahan dikumpulkan melalui SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) Dosen. Pengumpulan nilai perkuliahan dikumpulkan sesuai dengan kalender akademik di setiap semester.

PERSYARATAN TAMBAHAN

Persayaratan tambahan adalah kondisi dasar yang mahasiswa harus penuhi selama proses belajar mengajar dalam perkulihan:
1.      Kehadiran
Mahasiswa yang ketidakhadirannya lebih dari 2 akan tanpa keterangan akan dikurangi 1 tingkat untuk nilai huruf. Misal Nilai awal A menjadi A-. Untuk ketidakhadiran dengan menggunakan ijin atau sakit maka tidak mempengaruhi nilai akhir.
2.      Pengumpulan
Semua tugas harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tugas yang dikumpulkan melebihi batas waktu tidak akan dilakukan penilaian.

KEBIJAKAN DAN PANDUAN

Dosen dan mahasiswa bertanggung jawab untuk mengetahi dan memahami kebijakan-kebijakan yang ada di Universitas Negeri Malang. Silahkan cek Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang yang terbaru dengan cara klik alamat website berikut: http://www.um.ac.id/page/sistem-perkuliahan.

Catatan:

RPS tersebut di atas adalah sebagai acuan dasar pelaksanaan perkuliahan. Sumber belajar dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan.

                                                                   Download File




Latihan Soal Praktikum:

1. Soal Ms Word 1
2. Soal Ms Word 2
3. Soal Ms Word 3
    a. Mailings
    b. Drawing
4. Soal Praktikum 4
    a. 4.1
    b. 4.2
5. Soal Praktikum 5
   a. Data Base Praktikum 5
   b. 5.1
   c. 5.2
6.a. Soal Praktikum 6
   b. Data Base Praktikum 6
7. Soal Praktikum 7
8. Soal Praktikum 8
9. Soal Praktikum 9
    a. Soal
    b. Data Base
10. Soal Praktikum 10-14
11. Soal Praktikum 15-18

PRETEST Ms Exel
Pre Test digunakan untuk mengetahui kemampuan awal Saudara terkait penggunaan program Ms Exel. Waktu Saudara mengerjakan 45 menit, termasuk pengumpulan di blog. Untuk mendapatkan soal Pre Test silahkan download DISINI

Pengumpulan Hasil Pre Test

Silahkan kumpulkan hasil pre test Ms Exel Saudara dengan nama file: Kamis 46/ Kamis 79 <spasi> nama.
Contoh: Kamis 46 Azka Habibullah.

Untuk Pengumpulan Klik Disini






Pengumpulan Tugas:
Tugas dikumpulkan dengan nama file: MS WORD 1/ MS WORD 2/ MS WORD 3/ MS EXEL 4/ MS EXEL 5/ DST <SPASI> HARI DAN JAM PERKULIAHAN <SPASI> NAMA. Contoh: MS WORD 1 KAMIS 4-6 AZKA HABIBULLAH

Pengumpulan Praktikum 1 Ms Word
Pengumpulan Praktikum 2 Ms Word
Pengumpulan Praktikum 3 Ms Word (diberikan kesempatan hanya 9 Oktober s/d pkl. 21.00 WIB)
Pengumpulan Praktikum 4 Ms Exel (dikumpulkan paling akhir 6 Oktober pukul 21.00 WIB)
Pengumpulan Praktikum 5 Ms Exel (dikumpulkan paling akhir senin, 23 Oktober pkl 21.00 WIB)
Pengumpulan Praktikum 6 Ms Exel 
Pengumpulan Praktikum 7 Ms Exel
Pengumpulan Praktikum 8 Ms Exel 
Pengumpulan Praktikum 9 Ms Exel 
Pengumpulan Praktikum 10-14
Pengumpulan Praktikum 15-18
Pengumpulan praktikum 5 dan 6 khusus TIK dengan Jadwal Kamis 7 s/d 9


PENGUMPULAN DRAF PROGRAM
Silahkan kumpulkan draf program dengan ketentuan tulis: hari&jam perkuliahan<spasi>nama. Misal: Kamis 4-6 Nurruddin Zanky
Klik Disini 


Latihan Ms Word 1
Tambahan Rumus:


Aplikasi Terbilang adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca angka yang ada dalam cell  exel menjadi tulisan. Untuk menggunakannya silahkan hubungi pemilik blog ini.
Aplikasi Terbilang.................................................................. Download



  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube
  • Unordered List

  • Categories