Monday, June 30, 2008

PERMASALAHAN DAN SOLUSI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR


Nama : Ema Luluk Masita
Alamat : Jl. Sumedang 90 Kepanjen
Telp : 085643777810
Permasalahan belajar:
Faktor guru:
1. Sering guru hanya melakukan transfer ilmu, jarang mengadakan umpan balik secara langsung.
Solusi: jika saya menjadi guru, akan lebih komunikatif dengan peserta didik sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa.
2. Gaya mengajar guru seringkali monoton sehingga membosankan.
Solusi: seharusnya guru lebih memahami masing-masing haya belajar siswa sehingga didapat kesesuaian antara gaya mengajar dan gaya belajar.
3. siswa: lapar, ngantuk, males, terlalu fokus sehingga seringkali konsentrasi pecah, mata pelajaran tidak menarik, cuaca panas


Nama: Suluh Prasetyo
Permasalahan:
Kurangnya konsentrasi dalam mengikuti perkuliahan, penyebabnya ngantuk, lapar
Kurangnya persiapan dalam penyampaian materi
Gaya mengajar yang monoton
Solusi:
Mengatur waktu istirahat yang cukup, makan yang sip
Materi yang mau disampaikan dipersiapkan terlebih dahulu
Melakukan variasi dalam mengajar


Nama: Randang Almas H.
Permasalahan:
Guru banyak menyampaikan materi tanpa umpan balik
Pelajarannya sulit
Pemberian materi kuliah tempatnya di ruang kelas terus
Terlalu banyak tugas
Gurunya yang killer
Solusi:
Memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat
Bagaimana guru memudahkan siswa untuk inovasi missal dibuat permainan
Guru kreatif untuk ganti ruangan misal di taman, lab dan lain sebagainya.


Nama: Tetty Radityaningrum
Alamat: Jl. Jombang I/26 Malang
Telp: 0813355235863

Permasalahan:
Terkadang seorang guru hanya menerangkan materi dengan metode ceramah yang monoton tanpa ada variasi cara mengajar yang lain/ dan terbatas pada transfer materi saja tanpa ada hubungan timbal-balik antara guru dan siswa. Sehingga siswa menjadi bosan dan kurang motivasi dalam belajar.
Solusi:
Seharusnya guru mampu memahami karakteristik dan keinginan siswanya dengan menggunakan metode yang variatif yang mampu menggugah kratifitas siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar.


Nama: Wariatuzzuhur/ Ria
Alamat: Jl. Terusan Surabaya 81b Malang
Telp: 085646475965

Permasalahan:
Sedikit sukar dalam proses pemahaman sebuah konsep yang belum/ jarang didengar dalam keseharian.
Solusi:
Diharapkan pendidik bisa lebih familier atau lebih memberi contoh yang aplikatif. Sehingga nantinya peserta didik dapat membangun sebuah konsep sesuai dengan apa yang telah dipahami.


Nama: Achmad Murdiono
Permasalahan:
Seringkali sebagai peserta didik pada awal perkuliahan setiap pertemuan kurang bisa menerima materi pelajaran/ mengikuti materi tersebut.
Solusi:
Untuk mengusung peserta didik lebih antusias dalam mengikuti materti pelajaran yang akan disajikan menggu depan, maka seharusnya guru memberikan tugas yang intinya mengarahkan siswa untuk mempelajari materi tersebut. Akan lebih baik kalau tugas tersebut dalam bentuk studi kasus untuk mengembangkan daya nalar siswa.


Nama: Wreda Triwitasari
Alamat: Jl. Terusan Surabaya 20 Malang
Permasalahan:
Hal yang membuat siswa malas belajar berkaitan dengan guru adalah cara mengajar guru yang membuat siswa kurang jelas dan mengerti apa yang disampaiakn oleh guru. Sehingga membuat siswanya bosan. Hal ini dikarenakan juga guru tersebut tidak memperdulikan keadaan atau kondisi kelas yang diajar.
Solusi:
Guru tersebut seharusnya memeperhatikan kondisi kelas dan menyesuaiakn sika dan metode belajarnya agar siswa tidak bosan dan membuat siswa mau bertanya apa yang kurang dipahami dari materi dengan menempatkan diri sebagai teman
.


Nama: Valian Abrori
Alamat:
Ø Jl. Kediri 114 Cukir Jombang
Ø Jl. Gading Pesantren Block 4 No.4 Malang
Telp: 05649929305
Permasalahan:
Tidak suka mata pelajaran tersebut
Sulit memahami karena malas belajar
Penjelasan guru yang terlalu cepat
Metode pembelajaran dan referensi yang tidak memenuhi
Solusi:
Menanamkan rasa suka terhadap pelajaran tersebut
Memberi motivasi kepada siswa
Menjelaskan secara perlaahan sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran tersebut
Menginovasi metode pembelajaran dan memberikan referensi yang lengkap


Nama: Yean Indriana
Alamat: Puri Indah BIII/14 Beji-Batu Malang
Telp: 0341-511386/08563633368
Permasalahan dan
Solusi:
Guru lebih banyak menggunakan istilah yang kadang-kadang tidak dijelaskan/diartikan yang menyulitkan peserta didik.
Solusi: Pada saat guru menerangkan dan menggunakan istilah sebaiknya diselingi dengan mengartikannya
Ada sebagian guru yang pada saat mengemukakan materinya situasinya yang tegang. Hal ini dapat membuat peserta didik tidak berkonsentrasi.
Solusi: proses belajar dibuat lebih santai tetapi tetap pada tujuannya, yaitu memberikan materi.
Guru terlalu membosankan dan materinya biasanya yang sudah tidak perlu untuk dipelajari.
Solusi: dibuat lebih menyenangkan dengan menambahakan game/ sesi tanya jawab. Dan memikirkan ulang materi-materi apa yang sudah tidak perlu.


Nama: Endang Irsyadah
Alamat: Jl. Sidosermo 3/12 Surabaya
Telp: 085645389704

Permasalahan dan
Solusi:
Fullday School yang selalu membosankan, karena otak kota diforsir secara paksa untuk menerima materi belajar dalam durasi waktu yang sangat lama.
Solusi: Diadakannya studi tour yang agar tidak membosankan.
Terlalu banyak jam pertemuan yang membuat murid malas.
Solusi: guru harus pintar-pintar mencari solusi seperti diadakan games konsentrasi ditengah-tengah pelajaran.


Nama: Vicky Azhar MR
Alamat: Jl. Sunan Giri Putukrejo Gondang Legi Malang
Telp: 085646666156

Permasalahan:
Bahasan yang kurang menarik karena saya dapat dengan mudah kehilangan konsentrasi
Solusi:
Membuat suatu bahan pengajaran lebih menarik dan variatif, misalanya dengan manambah game atau permainan-permainan yang dapat meningkatkan perhatian peserta didik.


Nama: Rudi Sondang Sinaga
Alamat:
Ø Jl. William Iskandar 303 Medan
Ø Jl. Veteran Dalam 10A Malang
Telp: 081370220437
Permasalahan:
Apabila memasuki bahasan pelajaran yang paling awal saya mengalami masalah ketika ada teest dari guru. Ntah itu sekedar mengingatkan atau memperluas wawasan murid. Hal itu membuat saya tegang. Ada perasaan takut meskipun saya kurang persiapan. Dasar yang kuat memperkokoh pendirian. Jika saya ditanyai tentang sesuatu yang tidak saya mengerti, saya pasti tidak sanggup menjawab dan merasa bersalah besar.
Solusi:
Sebaiknya guru menerangkan dulu bahan ajar, kemudian mengadakan diskusi untuk pemecahan masalah. Atau ada praktek yang dibuat guru setelah menerangkan teori. Kemudian mengadakan tes yang sebelumnya memastkan siswanya sudah mengerti dan menyerap pelajaran yang diterangkan. Memberi motivasi agar siswa rajin belajar.


Nama: Gigih Prasetyo W.
Alamat: Jl. Terusan Ambarawa 11 Malang
Permasalahan dan
Solusi:
Faktor guru: dalam menyampaikan materi terlalu cepat. Kurang memberikan contoh-contoh.
Solusi: guru menerangkan materi dengan perlahan agar siswa mengerti tentang apa yang telah disampaikan.
Faktor media: kurang media dalam pembelajaran.
Solusi: Memaksimalkan media yang ada dalam pembelajaran.


Nama: Sony Surya W.
Permasalahan:
Biasanya di dalam kelas siswa merasakan bosan atau tidak dapat menangkap materi yang dikemukakan oleh guru.
Solusi:
Guru harus dapat mengatur waktu, misalnya tidak terlalu banyak bicara atau menerangkan karena dapat membuat bosan dan mengantuk pada siswa
Guru harus dapat atau mampu menerapkan inovasi baru dalam pembelajaran. Misalnya selain menjelaskan materi guru mempraktekkan materi tersebut. Dalam kegiatan nyata atau bisa juga ditambahkan game/permainan.
Biasanya siswa bosan juga karena ruangan yang tetap, guru bisa mengajak pindah ruangan atau bahkan belajar di luar ruangan, bisa juga dengan studi tour.


Nama:Zaifullah
Alamat: Jl. Sumber Sari V/494C
Telp: 081935193686

Permasalahan dan
Solusi:
Guru tidak dapat memilih metode/model pembelajaran yang diinginkan siswa misalnya guru hanya menerangkan materi tanpa ada penguatan atau hal-hal lain yang dapat merangsang motivasi siswa sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik dan tidak ada umpan balik dari siswa.
Solusi: Guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang variatif misalnya dengan Tanya jawab, diskusi, game, sehingga dengan penerapan hal tersebut dapat menigkatkan dan merangsang motivasi.
guru kurang dapat memahami kondisi fisiologis dan psikologis siswa dan terkadang memberi tugas yang berlebihan. Solusi: guru memberikan tugas yang sewajarnya.


Nama: Ulviani Novitasari
Alamat:
Ø Jl. Jokotole 137 Pamekasan
Ø Jl. Terusan Ambarawa V/9 Malang
Telp: 081703067124

Permasalahan:
Kadang kala siswa merasa jenuh dengan suasana kelas dan metode pemberlajaran yang digunakan/diterapkan oleh guru terlalu monoton.
Solusi: Sebaiknya guru menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kemampuan siswa dalam menyerap mata pelajaran yang berbeda-beda, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran agar tidak menimbulkan kejenuhan di kelas.
Pemberian tugas yang telalu banyak tanpa memperhatikankemampuan siswa untuk mengerjakan tanpa diimbangi oleh penjelasan materi/tugas yang akan diberikan.
Solusi: sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu materi pembelajaran yang akan diberikan baru kemudaian memberikan penugasan sesuai dengan materi yang diberikan sehingga siswa dapat lebih tanggap dalam pengerjaan tugas dan alangkah lebih baik lagi apabila guru membatasi tugas yang akan diberikan dengan memperhatikan/menyesuaikan dengan kondisi dan kemampaun siswa agara tugas yang diberikan tidak terlalu over lap/ berlebihan



Nama: Farah Andri S.
Permasalahan:
Sebaiknya guru dalam mengajar ajangan hanya dalam ruangan kelas tetapi juga diluar kelas agar para murid tidak bosan. Guru sebaiknya jangan terlalu serius daan terlalu jahat (killer) agar para siswa dapat menyerap ilmu yang telah diberikan.
Cara penyampaian pelajaran. Dalam penyampaiannya sebaiknya di dalamnya terselip gurauan atau becandaan agar para siswa menjadi senang dalam mata pelajaran itu.
Mata pelajaran yang sulit. Biasanya para siswa mengalami kecondongan untuk malas belajar pada pelajaran yang mereka anggap sulit. Guru seharusnya lebih kreatif dalam mengajar agar para siswa tidak bosan dan mungkin bisa dapat menyerap pelajaran yang mereka anggap sulit walaupun sedikit.


Nama: Ratnasari Oktavia
Alamat:
Ø Jl. Terusan Surabaya 24 Malang
Ø Gg. Dikpora RT/RW 03/01 Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kab. Nganjuk 64483
Telp: 085649933300
Permasalahan:
Kurang konsentrasi
Penyampaian materi kurang menarik
Solusi:
Jika saya menjadi guru dalam menyampaikan materi setiap minggunya akan berbeda dan akan meminta pendapat dari peserta didiknya bagimana menciptakan suasana kelas agara tidak membosankan seperti kemauan mereka.


Nama: Luluk Suryani Dewi
Alamat: Jl Jombang 1B/16
Telp: 085646456212
Permasalahan:
Faktor guru/pendidik; cara penyampaian yang tidak menarik, monoton, guru mengajarnya terlalu serius
Solusi:
Seorang pendidik harus bisa mengelola kelas dengan baik, dapat menguasai materi dan merubah gaya/metode pembelajaran yang lebih menarik.
Jangan terlalu serius dalam prosese pembelajaran, santai tetapi tepat sasaran materi yang disampaikan.


Nama: Yuyun Septiana
Alamat:
Ø Jl. Merbabu 122 Kediri
Ø Jl. Tlogo Mas 5C Malang
Telp:
Ø 0341-556315
Ø 085645453008
Permasalahan:
· Biasanya saya malas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada waktu guru kurang bersemangat dalam memberikan materinya. Solusi: jika saya menjadi guru saya akan lebih focus pada ateri yang akan saya berikan . saya juga bersemangat dengan cara menjelaskan materi dengan suara lantang dan tidak kelihatan lesu atau kurang bersemangat.
· Biasanya saya malas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jika saat guru tidak mengerti keadaan siswanya misal siswa capek dll.
Solusi: Seorang guru memberikan keluangan waktu untuk siswa beristirahat.
· Biasanya guru hanya memberikan metode pembelajaran yang monoton yang dapat membuatu siswa bosen.
Solusi: seorang guru seharusnya berganti-ganti metode agar siswa tidak bosen dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran.


Nama: Rima Yunita Ningrum
Alamat: Jl. Danau Sentani Dalam 5 H1-J7 Sawojajar Malang
Telp: 0341-8101277
Permasalahan:
Pelajaran yang sulit dan tidak disukai
Guru yang menjelaskan materi tidak enak/membingungkan
Solusi:
Belajar lagi materi-materi yang belum dipahami dengan cara: bertanya pada guru, bertanya pada teman
Belajar sendiri, jika masih tidak mengerti bertanya pada guru atau teman


Nama:Ade Seila Damayanti
Alamat: Jl. Klayatan III/22 Malang
Telp:
Ø 0341-5413558
Ø 0341-6233222
Permasalahan:
· Pelajarannya yang tidak disukai/sulit
· Karena guru yang tidak menyenangkan di kelas
· Model pembelajaran yang kurang menarik
Solusi:
Bagaimana guru harus membuat pelajaran tersebut menarik misalnya dengan belajar diluar ruangan dengan menambah dengan permainan supaya pelajaran tersebut maenarik dan menyenangkan diluar/di dalam kelas
Guru yang tidak menyenangkan bisa banyak factor, yang pertama kurang menguasai materi yang diberikan atau guru malah cenderung cerita yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran tersebut.
Model pembelajaran yang kurang menarik sebaiknya, pembelajaran diluar kelas mengenal pelajaran lain di luar kelas. Senadainay saya jadi guru saya mencari inocasi/kreativitas lain misalnya teori harus mencari alat praktek supaya menarik dan menyenangkan/ atau mengetahui kemampuan siswa didiknya.


Nama: Eka Sisyoria Candra Dewi
Alamat:
Ø Jl. Candi IIA No.401 Karang Besuki Malang
Ø Jl Yapen 22 Blitar
Telp: 085649158050
Permasalahan:
Guru yang tidak saya sukai
Setiap masuk pada waktu pelajaran guru yang tidak saya sukai, saya merasa takut, senam jantung, karena gurunya terlalu keras, menerangkannya tidak jelas, tetapi langsung disuruh maju, gaya mengajar guru kurang/monoton
Pelajaran yang tidak saya sukai
Ada pelajaran yang tidak saya sukai seperti kimia, fisika atau yang berhubungan dengan IPA dan yang lainnya.
Solusi:
Sebaiknya guru itu guru yang bisa dibuat sebagai teman, jadi tidak menakutkan, jadi setiap siswa ketia guru masuk kelas tidak senam jantung, sehingga jika guru enak, maka siswa juga termotivasi buat belajar, meskipun pelajaran itu sulit dan guru bisa menerangkan jelas.
Sebaiknya guru lebih ekstra dan menerangkan yang jelas jika pelajaran itu banyak yang tidak disukai oleh siswa. Sebaiknya guru dalam metode mengajar lebih bervariasi, sehingga tidak membuat bosan siswa.


Nama: Izzudin Rahman
Alamat: Jl. Bendungan Sutami 4 Malang
Telp: 085258329582
Permasalahan:
Susah berkonsentrasi karena suasana kelas ramai. Solusi: guru mengendalikan kelas agar tanang yaitu dengan memberikan tugas mengenai materi yang sudah disampaikan
Malas untuk belajar.
Solusi. Guru memberi pengarahan kepada siswa, bahwa belajar itu penting dan belajar itu tidak mesti baca buku, tapi bisa lewat alat elektronik dan pengalaman.
Gaya belajar yang monoton. Solusi: guru mencari gaya belajar yang lebih menarik.


Nama: Eka Lestari B.
Alamat:
Ø Jl. Raya Besuki 431 RT/RW 02/015 Probolinggo
Ø Jl. Terusan Surabaya Blok A 16/25
Permasalahan:
· Saya malas belajar karena guru mengajar hanya menyuruh mencatat saja dan tidak diterangkan apa yang telah dicatat.
Solusi: tidak menyuruh siswa untuk selalu mencatat tapi juga menerangkan, melakukan diskusi kelas dan dalam menerangkan lebih aplikatif sehingga siswa lebih mengerti.
· Gaya belajar guru terkadang kaku dan keras.
Solusi: guru lebih santai dan gaya belajar lebih aplikatif


Nama: Diana Khomsatul
Permasalahan:
Guru galak, sehingga siswa menjadi takut dan penyerapan materi pelajaran akan menjadi sulit.
Cara pengajaran yang monoton (tidak ada variasi) dapat membuat siswa cepat jenuh/bosan
Solusi:
Sebaiknya guru dengan siswa menjalin keakraban, tidak usah bersikap terlalu galak karena bisa memudahkan dalam proses belajar
Memberi variasi sehingga dapat melibatkan siswa


Nama: Kartika Febriani
Alamat: Jl. Panglima Sudirman 94 Pasuruan 67115
Telp;085655153447

Permasalahan:
guru yang tidak saya sukai, karena terlalu kers kalau mengajar, sering memberi hukuman.
Pelajarannya tidak saya sukai, saya sangat membenci pelajaran yang brkaitan dengan perhitungan, seperti matematika, sehingga saya maslas untuk belajar matermatika dan tikda mengerti apa yang diajarkan oleh guru, malah tidak mendengarkan.
Solusi:
Tidak mengerasi anak didik, karena anak sekolah adalah anak muda yang egonya masih belum bisa dikendalikan sendiri, sehingga saya harus memahami karakter setiap siswa, dan berupaya untuk mendekati siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Guru harusnya sabar dan telaten dalam mendidik siswa.
Jika saya mengetahui ada siswa yang tidak menyukai pelajran maka saya akan mendekatinya, menanyainya sebab-sebab mengapa dia tidak menyukai pelajaran tersebut dan membangkitkan motivasinya untuk menyukai pelajaran tersebut. Kalau perlu memberikan bimbingan khusus agar siswa tersebut mengerti pelajaran tersebut

4 comments:

agen pengobatan said...

artikel yang sangat menarik, sukses selalu sob

Unknown said...

Thanks sob...

Unknown said...

Terima kasi bro ilmunya.. www.societykamaru.blogspot.com hehe

Unknown said...

sama2 mas Maru Kamaru.. file ini berdasarkan pengalaman masing-masing mahasiswa dan perkiraan solusi ketika mereka nanti menjadi guru...

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube
  • Unordered List

  • Categories